Senin, 13 Agustus 2018

Gejala Penyebab Diabetes Melitus Yang Harus Diketahui


Gejala Penyebab Diabetes Melitus Yang Harus Diketahui,- Diabetes melitus adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Glukosa sangat penting bagi kesehatan kita karena merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita.

Gejala Diabetes Melitus

Penting bagi kita untuk mengetahui gejala awal diabetes. Baik bagi yang beresiko tinggi maupun bagi yang merasa sehat dan tidak memiliki riwayat atau potensi mengidap diabetes.

Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan sampai beberapa hari saja. Sedangkan penderita diabetes tipe2 yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Dan berikut adalah gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 antara lain :

  •  Kelelahan
  • Sering merasa haus
  • Pandangan yang kabur
  • Luka yang lama sembuh
  • Rasa lapar yang ekstrim
  • berkurangnya massa otot
  • Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Sering mengalami infeksi, misalnya gejala gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.
  • Terdapatnya keton dalam air seni. keton merupakan produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Pada dasarnya, penyebab penyakit diabetes melitus adalah tergantungnya kemampuan tubuh untuk menggunakan glukosa ke dalam sel. Tubuh normal mampu memecah gula dan karbohidrat yang anda makan menjadi gula khusus yang disebut glukosa. Glukosa adalah bahan bakar untuk sel dalam tubuh. Untuk memasukkan glukosa ke dalam sel dibutuhkan insulin. Pada pengidap diabetes, tubuh tidak memiliki insulin (DM tipe1) atau insulin yang ada kurang adekuat (DM tipe 2).

Karena sel-sel tidak dapat mengambil glukosa, akibatnya ini akan menumpuk dalam aliran darah. Tingginya kada glukosa dalam darah dapat merusak pembuluh darah kecil di ginjal, jantung, mata, dan sistem saraf. Oleh sebab itu, diabetes yang tidak ditangani dapat menyebabkan penyakit jantung, ginjal, kebutaan, stroke, dan kerusakan saraf kaki.

Nah itulah Sedikit Informasi tentang Gejala Penyebab Diabetes Melitus Yang Harus Diketahui. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua dan bisa mengetahui apa saja gejala dan penyebab diabetes melitus. Terimakasih.


BY:WarungHerbal11


0 komentar:

Posting Komentar