Sabtu, 20 Oktober 2018

Bahaya Penyakit Demam Berdarah Jika Tidak Cepat Di Tangani

Bahaya Penyakit Demam Berdarah Jika Tidak Cepat Di Tangani

Bahaya Penyakit Demam Berdarah,- Bahaya demam berdarah memang terkadang selalu di sepelekan bagi sebagian orang. Namun mereka harus tahu bahwa demam berdarah bisa mematikan dalam hitungan hari. Nyamuk merupakan salah satu hewan yang dapat mendatangkan malapetaka bagi umat manusia. Salah satunya adalah nyamuk berjenis Aedes Aegypt. Nyamuk ini jika menyerang manusia dapat memberikan dampak yang sangat berbahaya bahkan berakibat fatal seperti kematian, jika tidak segera di tangani lebih lanjut. Dan penyakit yang diakibatkan nyamuk di Indonesia ini dikenal dengan nama Demam Berdarah Dengue atau DBD.

Peneybaran Demam Berdarah

Penyebaran penyakit ini diawali oleh manusia yang telah terinfeksi yang digigit oleh nyamuk sehingga nyamuk tersebut menghisap darah yang telah terinfeksi virus dengue. Kemudian nyamuk tersebut menggigit manusia lain dan menghisap darah dan pada kondisi inilah penularan terjadi melalui kelenjar ludah nyamuk, virus akan menyebar ke tubuh manusia. Ketika sudah menyerang manusia nyamuk tersebut akan terbang dan menggigit manusia sehat lainnya.

Gejala Penyakit Demam Berdarah

Pada umumnya mereka yang terkena virus dengue akan mengalami gejala demam berdarah seperti :

1. Demam tinggi

Alasan mengapa penyakit yang di bawa oleh nyamuk ini di namakan dengan demam berdarah, karena penderitanya akan mengalami demam yang tinggi. Suhu badan penderitanya mencapai 39-40 derajat celcius. Padahal orang normal hanya memiliki suhu tubuh 36-37 derajat celcius.

2. Demam tanpa batuk

Hal ini tergantung pada kekebalan tubuh masing-masing orang. Jika seseorang memiliki kondisi yang baik, sistem imun juga baik, maka hanya akan mengalami demam saja. Namun beberapa orang yang terserang virus ini, sudah mengalami penurunan kondisi tubuhnya. Maka demamnya juga di sertai batuk.

3. Sakit kepala

Karena demam yang tinggi tadi membuat penderita merasakan sakit kepala yang hebat. Hal ini yang menyebabkan penderita merasa pening, lemas, dan hanya ingin tidur.

4. Badan terasa gatal

Efek dari di gigit nyamuk pasti terasa gatal. Maka setelah penderita terinfeksi nyamuk demam berdarah, akan terasa gatal di tangan atau kakinya.

5. Sakit perut

Penderita selain mengalami demam juga akan merasakan sakit perut. Baik hanya sebatas mual saja. Namun ada juga yang sampai mengalami muntah.

6.  Nyeri pada bagian persendian

Selain itu, penderita juga mengalami nyeri pada bagian persendian. Mereka akan terlihat lelah, padahal tidak melakukan aktivitas apapun. Virus ini memang memberikan efek yang menyebabkan penderita merasa lelah tanpa melakukan kegiatan apapun.

7. Muncul bintik merah

Meskipun sebenarnya tidak semua penderita demam berdarah mengalami gejala ini. Tapi kebanyakan kasus menyebutkan bahwa penderita demam berdarah memiliki bintik merah pada permukaan kulit tangan dan kakinya. Biasanya bintik ini gatal, dan susah hilang.

Nah, itulah penjelasan mengenai Bahaya Penyakit Demam Berdarah Jika Tidak Cepat Di Tangani. Diusahakan segera untuk diobati karena kalau tidak nanti akan mengakibatkan kematian. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk anda semua, Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar