Senin, 24 Desember 2018

Jenis Penyakit Lupus Yang Harus Diketahui

Jenis Penyakit Lupus Yang Harus Diketahui

Jenis Penyakit Lupus Yang Harus Diketahui,- Penyakit lupus dapat memicu terjadinya peradangan pada beberapa sistem tubuh diantaranya adalah kulit, sendi, otak, sel darah, jantung, dan paru-paru. Organ penting ini dapat diserang oleh penyakit lupus bahkan dapat menimbulkan komplikasi dan gangguan matinya tulang jika penyakit tersebut tidak segera diobati.

Penyakit lupus juga berbahaya, karena sulit dikenali gejala dan tanda-tanda terserang lupus. Walaupun demikian, tanda yang paling khas adalah tanda pada kedua pipi yang menyerupai saya kupu-kupu. Penyakit lupus biasanya baru dirasakan jika penderita sering mengalami gangguan pada organ dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan juga ditandai dengan ruam pada wajah.

Penyakit ini membahayakan karena penderita penyakit lupus akan mengalami kekebalan tubuh yang terlalu aktif sehingga menyerang dan menghancurkan jaringan yang sehat di dalam tubuh. Autoantibodi inilah yang menyebabkan terjadinya nyeri, peradangan, dan mengalami kerusakan di berbagai bagian tubuh penderita. Penyakit ini di golongkan dengan penyakit kronis yang membutuhkan pengobatan jangka panjang.

Jenis-Jenis Penyakit Lupus

Penyakit lupus yang dibiarkan akan menyebabkan masalah berat meskipun memiliki gejala yang tampaknya ringan, penyakit ini merupakan penyakit yang memerlukan monitoring dan perawatan konstan. Penyakit lupus ini memiliki jenis yang berbeda-beda, dan berikut adalah Jenis Penyakit Lupus yang harus diketahui oleh anda, antara lain:

1. Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

Jenis Penyakit Lupus yang sering terjadi pada penderita, persentasenya sampai 70% penderita lupus mengidap jenis lupus Systemic Lupus Erythematosus. Kondisi penyakit ini dapat mengalami kondisi yang berat dan ringan sehingga dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh. Gejala yang biasa terjadi dari jenis ini adalah mengalami kelelahan, rambut rontok, kepekaan terhadap sinar matahari, bengkak, dan juga nyeri sendi. Ada juga secara umum diagnosis lupus didasari karena kombinasi hasil laboratorium dan gejala fisik.

2. Neonatal Lupus

Jenis Penyakit Lupus yang terakhir dan yang langka terjadi pada bayi disebabkan oleh antibodi ibu. Antibodi ini dapat ditemukan pada penderita ibu yang mengidap lupus. Akan tetapi kondisi ini dapat pula dialami oleh bayi dari ibu yang tidak menderita penyakit lupus. Pada saat lahir bayi yang mengalami Neonatal Lupus memiliki ruam kulit, mengalami masalah hati dan juga mengalami volume sel darah merah yang rendah.

Bayi mengalami gangguan kesehatan Neonatal Lupus Seringkali gejala hilang setelah beberapa bulan dan tidak memiliki kondisi yang akan terjangkit kasus yang sama. Bayi dengan penyakit Neonatal Lupus dapat memiliki cacat jantung yang jarang meskipun harus di waspadai karena akan mengidap penyakit jantung yang serius. Bahkan dapat terjadi pada bayi yang lahir dari ibu yang sehat.

3. Cutaneus Lupus Erythematosus

Jenis Penyakit Lupus ini merupakan jenis yang terbatas pada kulit atau terlihat sama dengan kondisi yang mengalami jenis lupus SLE. Cutaneous yang berarti kulit adalah gejala pada ruam, rambut rontok, bisul, vaskulitas, dan fotosensitivitas. Para ahli meneliti akan menghapus potongan kecil dari ruam untuk diamati di bawah mikroskop untuk mengetahui lupus kulit dan bentuk yang terjadi pada penderita karena lupus kulit memiliki dua jenis yaitu jenis diskoid dan cutaneus.

Pada penyakit lupus Discoid Lupus Erythematosus yang mempengaruhi kulit dimana ruam yang terjadi berwarna merah dan mengangkat menjadi berisisik dan berubah warna menjadi kecoklatan. Sedangkan pada penyakit cutaneus lupus erythematosus dapat terbatas kulit pada mereka yang menderita jenis lupus SLE. Gejala dapat berupa, ruam, rambut rontok, bisul, dan pembengkakan, pembuluh darah.

4. Drug Induced Lupus

Jenis Penyakit Lupus berikut nya adalah lupus yang diakibatkan oleh obat-obatan. Dimana gejala lupus seperti lupus sistematik dimana jarang mempengaruhi organ utama. Gejala yang dapat dirasakan adalah nyeri pada bagian sendi, bagian otot dan juga mengalami demam ringan. Pada sebagian besar akan sembuh sendirinya dengan menggunakan obat akan tetapi tidak semua dapat mengambil jenis obat yang sama saat pemeriksaan dokter sangat penting dilakukan untuk mendapatkan drug induced lupus.

Nah itulah penjelasan saya kali ini mengenai Jenis Penyakit Lupus Yang Harus Diketahui. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua dan memberikan wawasan yang lebih luas lagi, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar