Sabtu, 18 Agustus 2018

6 Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Diabetes Melitus

6 Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Diabetes Melitus


6 Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Diabetes Melitus,- Diabetes Melitus adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Glukosa sangat penting bagi kesehatan karena merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita.

Tidak hanya obat-obatan saja yang bisa mengatasi penyakit ini. Tetapi Pola makan sehat juga sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan, berikut adalah beberapa jenis makanan yang baik bagi penderita penyakit diabetes melitus.

6 Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Diabetes Melitus

Ada beberapa makanan sehat dan bermanfaat dalam mencegah dan mengendalikan penyakit diabetes. Biasanya makanan-makanan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan menyediakan nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh. berikut adalah beberapa makanan tersebut, antara lain:

1. Sayuran

Sayuran, terutama sayuran hijau yang berdaun gelap diketahui dapat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2. Bayam, brokoli, sawi, salada, dan kubis merupakan makanan pembangkit tenaga namun rendah kalori dan karbohidrat. Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa makanan setidaknya seporsi sayuran hijau setiap hari dapat mengurangi resiko penyakit diabetes sebesar 14%.

2. Bubur Gandum

Penderita bisa memiliki kesempatan yang lebih baik dalam mengontrol kadar gula darahnya dengan rutin sarapan bubur gandum. Sejenis serat yang ditemukan dalam gandum yaitu beta-glukan telah menunjukan efek positif terhadap penderita diabetes. Bubu gandum menawarkan serat larut yang dapat memperlambat penyerapan glukosa dari makanan di perut dan mengontrol gula darah.

3. Ikan

Penelitian mengatakan bahwa makan ikan dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Ikan menurunkan glukosa sehingga mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, ikan adalah sumber protein rendah lemak, penderita diabetes bisa memilih bermacam-macam jenis ikan mulai dari nila, lele atau salmon. Dengan adanya omega 3 dari ikan tersebut juga dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler.

4. Putih telur

Telur merupakan makanan yang baik untuk membentuk otot karena mengandung protein dengan kualitas yang tinggi. Dengan mengkonsumsi telur, khususnya putih telur nya merupakan yang sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2 karena kaya protein  berkualitas tinggi dan rendah karbohidrat.

5. Teh hijau

Peradangan kronis yang disebabkan oleh makanan berlemak, kurang olahraga, dan kurang makan sayuran diketahui dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Terkait dengan masalah ini, minum teh hijau adalah solusi sederhana untuk mencegahnya. Teh hijau dikemas dengan flavonoid yang merupakan pelawan inflamasi dan dapat meningkatkan aktivitas insulin.

6. Buah jeruk

Orang yang memiliki penyakit diabetes cenderung memiliki kadar vitamin C yang rendah dalam tubuh mereka, sehingga buah jeruk yang kaya akan vitamin C adalah salah satu pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jeruk, lemon dan lamau memiliki sifat seperti insulin yang dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Makanan sehat yang dapat mencegah dan mengendalikan penyakit diabetes melitus tipe 2 tidak hanya pada makanan seperti diatas saja. Tetapi masih ada banyak lagi makanan-makanan sehat yang lainnya dan juga dapat mencegah dan mengendalikan penyakit diabetes melitus ini. 

Nah, itulah sedikit informasi tentang 6 Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Diabetes Melitus. Semoga anda bisa memilih antara makanan yang sehat dan yang tidak sehat, dan semoga bermanfaat juga, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar