Sabtu, 01 Desember 2018

Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan 


Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan,- Ikan gabus (Channa striata) merupakan ikan jenis air tawar yang dapat ditemukan di sungai, rawa, danau, parit, bahkan sawah. Habitatnya yang mudah ditemukan dengan kandungan nutrisi yang cukup melimpah, menjadikan ikan ini cukup populer dan digandrungi masyarakat.

Di beberapa daerah Indonesia, ikan ini memiliki panggilan yang berbeda, seperti halnya di pulau Jawa ikan ini disebut Ikan bogo. Ikan ini memiliki panjang hingga 1 meter. Sekilas bentuk ikan gabus mirip dengan ikan lele. Perbedaan yang paling mudah diamati adalah ikan gabus tidak memiliki kumis. Warnanya pun tidak segelap ikan lele. Ikan gabus juga sama-sama dapat bertahan hidup di darat dalam waktu yang cukup lama, sebab ikan gabus dapat bernafas secara langsung dengan udara luar.

Selain habitatnya yang mudah ditemukan, kepopuleran ikan gabus juga semakin memuncak setelah diketahui ikan ini memiliki protein albumin tertinggi dibanding dengan jenis ikan lainnya seperti lele, bandeng, ikan mas, ikan nila dan lainnya.

Beberapa Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan


1. Meningkatkan kadar Albumin di dalam darah

Ikan gabus merupakan sumber protein albumin yang cukup tinggi, sehjingga bisa membantu meningkatkan kadar albumin di dalam darah.

2.  Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin juga diketahui berfungsi dalam menjaga kestabilan regulasi cairan di dalam tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan cairan, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah dan tidak dapat berfungsi secara normal.

3.  Mempercepat penyembuhan luka

Daging ikan gabus yang kaya akan kandungan protein albumin juga memiliki peranan penting dalam proses penyembuhan luka tubuh khususnya bekas luka operasi maupun caesar. Kandungan tersebut mampu membantu pembentukan sel dan jaringan baru pada bagian tubuh yang telah rusak akibat operasi dan lainnya.

4. Membantu pembentukan dan pertumbuhan otot

Kandungan protein yang terdapat di dalam ikan gabus diketahui lebih tinggi dibandingkan ikan lele, daging ayam dan daging sapi. Hal tersebut tentu menguntungkan bagi Anda sebab ikan gabus banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh Anda.

5. Membantu penyembuhan penyakit

Beberapa ahli menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi ikan yang kaya akan albumin ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan berbagai jenis penyakit seperti hepatitis, infeksi paru-paru, typhus, diabetes, stroke dan masih banyak lagi.

6. Menyehatkan pencernaan

Ikan gabus memiliki tekstur daging yang lembut untuk dikonsumsi tanpa perlu mengkhawatirkan pencernaan karena ikan ini sangat mudah dicerna. Hal tersebut karena ikan gabus sendiri mengandung protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan kadar protein yang terdapat di dalam ikan lainnya.

7.  Meningkatkan daya tahan tubuh

Bagi Anda yang memiliki daya tahan tubuh kurang baik, rajin-rajinlah mengkonsumsi ikan kutuk ini. Hal tersebut diketahui ikan ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda tidak akan mudah terserang berbagai penyakit baik akibat faktor cuaca maupun lainnya.

8. Nutrisi pendamping anak autis

Ikan gabus juga diketahui memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai asupan nutrisi sampingan untuk membantu penyembuhan anak pengidap autis.

9. Membantu mengatasi pembengkakan di tubuh

Selain untuk penyembuhan luka, kandungan albumin dalam ikan gabus yang cukup tinggi juga dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi pada tubuh Anda.

10  Memperbaiki gizi buruk

Ikan gabus dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak terdapat pada bayi, balita, anak maupun ibu hamil. Karena dalam 100 gr ikan gabus saja, sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk bayi.

11. Baik untuk penderita diabetes melitus

Pengidap diabetes melitus sering kali bingung harus makan apa untuk memenuhi kebutuhan kalori sehari-harinya. Makan nasi putih saja tidak boleh karena dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun ternyata dengan mengonsumsi ikan gabus bisa memenuhi kebutuhan kalori Anda sebagai penderita diabetes.

12. Menjaga kesehatan mata

Bagi Anda yang ingin memiliki mata yang sehat, maka rajin-rajinlah mengonsumsi vitamin A. Ternyata ikan gabus juga bermanfaat untuk memasok vitamin A ke dalam tubuh. Di dalam 100 gram daging ikan gabus, terdapat 150 mg vitamin A. Tentu ini sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata.

13. Meningkatkan berat badan

Banyak makan merupakan satu-satunya cara untuk menggemukan badan. Banyak makan protein hewani sangat bagus untuk meningkatkan berat badan. Kombinasi karbohidrat dan protein dapat memicu pertumbuhan sel. Namun hati-hatilah terhadap lemak (kolesterol jahat). Ikan gabus merupakan alternatif terbaik untuk membantu meningkatkan berat badan tanpa lemak berlebih. (Artikel terkait: Walatra Hexabumin Suplemen Penggemuk Badan Anak)

14. Baik Untuk Ibu Hamil

Bagi wanita yang tengah hamil, biasanya diharuskan banyak mengkonsumsi protein hewani seperti ati ayam, ikan, dan juga telur. Namun, dari sekian banyak ikan air tawar, ikan gabus lebih banyak memiliki khasiat dan manfaat. Kandungan protein yang cukup tinggi dipercaya sangat bagus untuk pertumbuhan rahim ibu hamil dan janin.

15. Mendorong Pertumbuhan tulang dan gigi

Kalsium dan fosfor merupakan jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh manusia, supaya dapat mencapai pertumbuhan tulang dan gigi secara maksimal. Ikan gabus sendiri mengandung banyak kalsium sekitar 60 mg/100 gram dan fosfor sekitar 70 mg/100 gram. Maka dari itu, daging ikan gabus cocok dikonsumsi balita dan lansia, agar pertumbuhan dan kepadatan tulang mereka maksimal terjaga.

Nah itulah penjelasan saya kali ini mengenai Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan. Semoga apa yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat untuk anda semua dan bisa memberikan wawasan yang lebih luas lagi, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar