Jumat, 13 April 2018

3 Makanan Yang Berkhasiat Buat Penyakit Tipes

3 Makanan Yang Berkhasiat Buat Penyakit Tipes 

Tipes merupakan salah satu jenis penyakit yang di derita oleh warga indonesia mulai anak-anak sampai orang dewasa karena keadaan sekitar yang jauh dari kata bersih di sinyalir menjadi penyebab utama timbulnya penyakit tipes.

Tipes dengan mudah menular melalui makanan dan minuman, dimana bakteri penyebab tipes dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh dan menginfeksi seluruh bagian tubuh.

Dan berikut adalah beberapa makanan yang berkhasiat buat penyakit tipes:


1. Makanan Tinggi Protein 

Karena penderita tipes terasa lemas tubuhnya, maka dari itu disanrankan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat sebagai penambah tenaga dan stamina. Asupan protein bisa di peroleh dari protein yang ada, seperti hewani, dan nabati. Dan berikut beberapa sumber protein yang baik buat penyakit tipes:

- Daging ayam rebus, merupakan salahsatu sumber protein yang tinggi, terutama dibagian dada karena bagian dada ayam mengandung protein yang tinggi.
- Hati ayam, mengandung protein tinggi dan mudah di carna penderita tipes.
- Kacang kedelai
- Ikan rebus
- margarin

2. Makanan Lunak 

Berikut beberapa makanan lunak yang juga sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk penderita tipes:

- Bubur Nasi/Tim, adalah sumber karbohidrat tinggi, karena bubur nasi bertekstur lembut sehingga baik untuk di cerna.
- Kentang rebus, teksturnya yang lunak dan mudah dicerna
- Pisang, memiliki kadar nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.
- Alpukat, sangat berguna dan bermanfaat bagi penderita tipes.
- Puding, memiliki tekstur yang lembut serta mudah dicarna.

3. Makanan rendah serat

Makanan rendah serat juga termasuk makanan yang baik untuk di konsumsi penderita tipes, karena makanan yang berserat tinggi tidak boleh di konsumsi. Makanan berserat tinggi pada sayuran seperti daun singkong, daun katuk, pilihlah rebusan sayuran yang seratnya renda seperti di bawah ini:

- Kacang panjang
- Buncis muda
- Labu siam
- Bayam
- Wortel
 

Pantangan makanan yang harus dihindari penderita tipes, diantaranya:

1. Minuman 
Anda yang menderita tipes ada beberapa jenis minuman yang tidak boleh di minum seperti kopi, alkohol, teh kental, dan minuman yang mengandung soda.

2. Makanan Pedas
Anda yang menyukai makanan pedas maka jika anda menderita sakit tipes makanan ini wajib dihindari karena bisa membuat penyakiot tipes makin parah.

3. Sumber lemak
Penderita tipes disanrankan menghindari gorengan,makanan bersantan serta yang lainya yang mengandunglemak tinggi guna menghindari terjadinya komplikasi karena makanan berlemak.

4. Sumber protein hewani
Anda penderita tipes tidak boleh mengkonumsi makanan protein hewani dengan tekstur kasar seperti: daging kambing, sapi, daging ayam, ikan atau ikan asin.

5. Buah-buahan 
Buah baik untuk kesehatan akan tetapi ada beberapa jenis yang tidak boleh dimakan karena memiliki asam yang tinggi seperti: apel, jambu biji, jeruk, buah asam yang memicu timbulnya gas di pencernaan juga tidak dibolehkan nangka dan durian.

Sekian penjelasan tentang 3 Makanan Yang Berkhasiat Buat Penyakit Tipes. Dengan mengetahui apa saja makanan yang berkhasiat bagi penderita tipes, semoga memberi pengetahuan bagi masyarakat yang belum mengetahui tentang 3 Makanan Yang Berkhasiat Buat Penyakit Tipes. 

Terimakasih telah membaca artikel tentang 3 Makanan Yang Berkhasiat Buat Penyakit Tipes kami, semoga artikel kami yang di sampaikan ke anda bermanfaat untuk anda.


By:WarungHerbal11  

0 komentar:

Posting Komentar