Jumat, 20 April 2018

Ciri-Ciri Diabetes Mellitus

Ciri-Ciri Diabetes Mellitus


Ciri-ciri diabetes mellitus.- Berbagai gangguan metabolisme dalam tubuh kita bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Termasuk gangguan metabolisme dalam hal produksi insulin yang menyebabkan penyakit diabetes mellitus.

Diabetes Mellitus adalah penyakit akibat gangguan dalam metabolisme tubuh, dimana organ, pangkreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai tubuh. Kadar gula darah yang tinggi kurang maksimalnya pemanfaatan gula oleh tubuh sebagai sumber energi dan juga disebabkan karena kurangnya hormon insulin uang diproduksi oleh pangkreas, atau tidak berfungsinya hormon insulin dalam menyerap gula secara maksimal.

Kita dapat mengenali ciri-ciri kencing manis bila seseorang tersebut terkena penyakit diabetes.Ciri-ciri ada yang khas dan ada juga yang umum. 

Ciri-ciri Penyakit Diabetes Mellitus yaitu bila seseorang seringkali mengalami akan hal seperti berikut:

1. Poliura (sering buang air kecil). Poliura sering terjadi pada penderita diabetes karena adanya gangguan dalam produksi insulin , karena titik berat gangguan pada pasien kencing manis adalah gangguan insulin ini. Jika insulin tidak ada atau sedikit maka ginjal tidak bisa dapat menyaring glukosa untuk kembali kedalam darah. Kemudian hal ini akan menyebabkan ginjal menarik tambahan air dari darah untuk menghancurkan glukosa. Hal tersebut membuat kandung kemih cepat penuh dan otomatis akan membuat penderita diabetes mellitus akan sering kencing atau buang air kecil.

2. Poliphagia (sering merasa kelemahan). Penderita penyakit diabetes mellitus akan merasakan tubuhnya akan sering cepat merasa lemah. Salah satu penyebabnya adalah produksi glukosa terhambat sehingga sel-sel makanan dari glukosa yang harusnya di distribusi ke semua sel tubuh untuk membuat energi jadi tidak berjalan dengan optimal. Karena sel energi tidak mendapat asupan sehingga orang dengan kencing manis akan merasa cepat lelah.

3. Polidipsia (sering merasa haus) Keinginan untuk sering minum karena adanya rasa haus banyak terjadi pada pasien dengan diabtes mellitus. Ada juga gangguan hormon serta efek dari banyak buang air kecil, maka penderita akan sering merasakan has dan ingin untuk sering minum.

4. Berat badan akan cepat menurun. Ini akan dirasakan ole para penderita diabetes tipe 1. Pangkreas pada penderita diabetes berhenti membuat insulin akibat serangan virus pada sel-sel pangkreas atau respon auto imun yang membuat tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin. Akibatnya tubuh akan kesulitan mencari sumber energi karena sel-sel tidak memperoleh glukosa. Kemudian tubuh akan beradaptasi dengan cara mulai memecah jaringan otot dan lemak untuk energi sehingga berat badan terus menyusut.

5. Tanda-tanda Neuropati. Neuropati adalah kesemutan di kaki dan tangan. Hal tersebut terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu karena glukosa dalam darah tinggi akan merusak sistem saraf Penderita diabetes tipe 2 kejadiannya secara bertahap, dan orang akan sering tidak menyadari bahwa itu salah satu pertanda. 

6. Kulit kering dan luka lama sembuh. Pasien diabetes mellitus mempunyai ciri khas yang ada pada kulitnya yaitu akan cenderung kering dan bila sering menjumpai pasien akan dikenali tanda diabetes mellitus. Penderita diabetes mellitus akan diberikan pengetahuan dan juga pendidikan kesehatan bagar mengurangi kemungkinan terjadinya luka pada bagian tubuh.Bila terjadi luka, maka penyembuhan luka akan lama dan juga kerap bisa menyebabkan organ yang bisa di amputasi pada keadaan dan situasi tertentu.

Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mengetahui kadar gula darah kita. Karena gula darah dalam darah ada yang normal da juga ada yang tinggi bahkan rendah pula. Kadar gula darah tinggi sering disebut dengan hiperglikemia. Dan kadar gula rendah di sebut hipoglikemia. Pemeriksaan kadar gula darah diabetes mellitus disebut dengan pemeriksaan gula darah puasa dan gula darah 2 jam setelah makan. Berikut adalah daftar nilai kadar gula darah yang normal :
Kadar gula darah puasa:
- normal: dibawah 100mg/dl
- pradiabetes: 100-126mg/dl
- diabetes M: diatas 126mg/dl

Kadar gula darah 2 jam setelah makan:
- normal: dibawah 140mg/dl
- pradiabetes: 140-200mg/dl
- diabetes M: diatas 200mg/dl

Untuk itu kita harus mengetahui bagaimana mencegah diabetes mellitus ini agar kita tidak mengidap penyakit diabetes mellitus. Sekian penjelasan dari kami semoga anda mendapatkan manfaat setelah membaca artikel kami terimakasih.

BY:WarungHerbal11

0 komentar:

Posting Komentar