Kamis, 12 April 2018

Gejala Tipes Pada Orang Dewasa Dan Pencegahannya

Gejala Tipes Pada Orang Dewasa Dan Pencegahannya


Kali ini kita akan membahas tentang Gejala  Tipes Pada Orang Dewasa Dan Pencegahannya. Sebenarnya, penyakit Tipes bukanlah penyakit yang menular, namun ketika orang terinfeksi dengan virus ini ia akan terjangkit penyakit yang sama. Dengan perawatan, seseorang bisa di rawat inap dirumah sakit ataupun di rumahnya sendiri. Penyebaran penyakit Tipes sangat tergantung pada lingkungan kita berada.

Mengenal gejala Tipes

Tipes yang di sebabkan oleh bakteri Salmonelia typhi memunculkan gejala awal terjadinya. Diantaranya gejala yang umum terjadi adalah flu, demam, sakit kepala, dan radang tenggorokan. Minggu pertama gejala sangat mirip dengan influenza, namun setelah seminggu ia akan nampak lebih parah serta tandanya jelas sekali.

Berikut perkembangan gejala Tipes pada orang dewasa:

Minggu pertama 

- Malam hari demam naik terus, bahkan demam dimalam hari bisa 40 dejarat.
- Sakit kepala.
- Nafsu makan menurun yang bisa menyebabkan diare dan sembelit.
- Bercak merah muncul pada tangan dan kaki.

Minggu kedua

- Demam tidak teratur, naik turun pada sore hari, siang hari, dan malam hari.
- Nafsu makan terus mengalami penurunan dan tubuh mulai kurus.
- Terjadi sembelit dan diare yang parah.
- Perut menjadi bengkak dan terasa keras.

Minggu ketiga

Jika sudah masuk minggu ketiga, gejala Tipes pada orang dewasa akan lebih parah kondisinya bahkan sampai tidak bisa bangun dari tempat tidur nya. Demam tinggi terjadi setiap hari. Jika pasien tidak di rawat biasanya pada tahap ini dia akan mulai merasakan komplikasi penyebaran bakteri dari usus ke tubuh lain.

Minggu keempat

Diminggu ke empat, biasanya penderita sudah merasa lebih baik, tidak lagi merasakan demam dan tubuhnya sudah terlihat membaik. Namun, anda harus hati-hati karena fase ini ada bahaya yang mengancam. 

Komplikasi penyakit Tipes


Jika penyakit Tipes tidak diobati dengan baik, maka berbagai komplikasi akan datang mengancam bagi tubuh. Bahkan seseorang sampai mengalami kematian pada kondisi yang lebih lanjut. Bakteri yang ada pada usus akan menyebar dengan mudah kebagian lain dari tubuhnya, tentu ini akan sangat sulit diobati dengan cepat. Beberapa komplikasi 
penyakit Tipes yang bisa terjadi:

1. Pendarahan Usus

Pendaran ini bisa terjadi pada fase ketiga atau minggu ketiga,komplikasi ini terjadi pada lubang usus atau perforasi. Biasanya ini akan menuai terjadinya tekanan darah secara terus menerus akan menurun. Penderita ini juga mengalami muntah, dan mual.

2. Miakorditis

Ini adalah kondisi dimana otot jantung sudah mengalami peradangan, sulit bernafas, dan nyeri di bagian dada. Dalam perawatan maka harus dilakukan secara intensif serta perawatan jantung.

3. Radang Paru-Paru
Ini termasuk komplikasi namun jarang terjadi.Selain itu paru-paru bisa terjadi komplikasi seperti ginjal selaput otak, dan gangguan halusinasi.

Cara Mencegah Penyakit Tipes


- Banyak makan yang berserat.
- Jika sering sibuk maka cukupkan kebutuhan nutrisi tubuh.
- Perhatikan kedaan air minum, dan makanan pastikan sehat.
- Jangan mengkonsumsi makanan yang sudah lama berada di ruang terbuka.
- Jangan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang tidak di cuci.
- hindari makanan dari lalat atau kotoran lainya.
- Terapkan gaya hidup sehat.

Sekian penjelasan tentang Gejala  Tipes Pada Orang Dewasa Dan Pencegahan nya. Dengan mengetahui apa saja tentang gejala Tipes dan pencegahan nya, saya harap akan memberikan wawasan lebih luas kepada masyarakat yang belum mengetahui tentang gejala Tipes dan penegahan nya.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel-artikel kami. Semoga bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya.

BY:WarungHerbal11

0 komentar:

Posting Komentar