Sabtu, 14 April 2018

Cara Mengobati Penyakit Tipes Dengan Cepat

Cara mengobati penyakit tipes dengan cepat.- Penyakit tipes dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah demam Tifoid, akibat masuknya bakteri yang berasal dari makanan atau minuman yang kurang bersih. Penyakit ini berkembang di negara maju dan dapat mengancam nyawa jika tidak segera di tangani karena penyebaran nya sangat cepat. Penyakit tipes sering menyerang anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna seperti orang dewasa.

Cara mengobati penyakit tipes dengan cepat


Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Maka cara mengobati penyakit tipes dengan cepat adalah dengan menggunakan terapi antibiotik. Jika melalui pengobatan medis, sampel darah, tinja, dan urine pasien akan di periksa dulu untuk menentukan jenis antibiotik yang harus di gunakan sebagai obat tipes. Penderita tipes juga akan kehilangan nafsu makan selama penyakit tipes terjangkit, apalagi sampai mengalami diare yang menyebabkan hilangnya cairan nutrisi tubuh. Pengobatan medis biasanya dilakukan jika kondisi penderita penyakit tipes sudah cukup parah dan terlambat di tangani. Jika gejala tipes masih sangat awal,sebenarnya bisa juga di obati dengan cara alami dan dibati di rumah saja. Untuk mengobati tipes perhatikan beberapa hal berikut: 

- Pilih antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab tipes.

Ada beberapa antibiotik yang dapat diberikan kepada penderita penyakit tipes untuk membasmi bakteri yang ada dalam tubuhnya. Setiap antibiotik terkadang sudah tidak mampu lagi membasmi bakteri yang hari demi hari berkembang kemampuan bertahannya. Beberapa pilihan antibiotik antara lain :

1. Chloramphenicol, bida diberikan pada saat awal munculnya gejala,jika berhasil akan menunjukan kondisi tubuh yang lebih baik dalam jangka waktu 2-5 hari. Meski begitu, terdapat efek samping seperti diare,sakit perut, dan mual karena kerja antibiotik di dalam saluran pencernaan.
2. Amoxicillin, antibiotik ini bekerja menghancurkan dinding bakteri sehingga mengganggu aktivitas bakteri dan akhir nya musnah.
3. Ciprofloxacin, dapat bekerja dalam waktu 3 hari, tapi tidak bisa diberikan kepada anak-anak, ibu hamil atau menyusui.

- Banyak minum air mineral

Penyakit tipes akan menyerang saluran pencernaan yang akan mengurangi banyak cairan, jika mengalami diare sebagai gejala nya. Oleh karena itu disarankan untuk banyak minum air mineral untuk menjaga cairan dalam tubuh. Banyak minum juga akan menurunkan demam dengan cepat, menghambat kerja bakteri, dan secara  alami akan mengurangi kerja bakteri penyebab tipes.

- Istirahat yang cukup

Ketika tubuh beristirahat, maka energi dalam tubuh akan meningkatkan kekebalan tubuh demi memerangi bakteri yang ada dalam tubuh yang menyebabkan tipes. Dengan pemberian antibiotik, tubuh harus istirahat untuk mendukung kerja antibiotik melawan bakteri.

- Mengatur pola makan

Cara mengobati penyakit tipes dengan cepat selanjutnya, mengatur pola makan, seperti makan di tempat yang kurang bersih. Disarankan untuk makan makanan yang tekstur nya lunak dan lembut, seperti bubur, atau nasi tim. Saluran pencernaan sangat sensitif ketika bakteri menyerang, sehingga tidak membuat kerja usus lebih berat dan memakan makanan yang menyebabkan usus luka, seperti makan yang pedas. Penderita tipes sebaiknya makan lebih sering dalam jumlah yang sedikit agar membantu usus kembali pulih setelah terjangkit penyakit tipes.

Itulah pembahasan tentang cara mengobati penyakit tipes dengan cepat. Semoga anda memahami apa saja yang harus dilakukan ketika terkena penyakit tipes.

Terimakasih telah membaca artikel tentang cara mengobati penyakit tipes dengan cepat, semoga memberikan pengetahuan yang lebih luas dan memberikan manfaat buat anda semua.


BY:WarungHerbal11 

0 komentar:

Posting Komentar