Sabtu, 14 April 2018

Cara Menurunkan Panas Secara Alami Pada Anak

Para warga dirumah wajib mengetahui bagaimana cara menurunkan panas secara alami pada anak. Hal ini sangat penting agar anda tidak panik saat anak anda mengalami demam, apalagi mengalami demam di tengah malam. Maka tentunya untuk mencari dokter.

Anda yang tidak mempunyai skil atau pengetahuan dalam mengatasi panas pada anak maka akan kebingungan menghadapi situasi seperti ini. Tambah lagi tangisan anak yang tidak mau berhenti yang membuat anda tambah semakin panik. Berbeda halnya jika sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan mengenai cara penanganan anak yang demam. Itulah kenapa anda di rumah harus sangat disarankan memiliki kemampuan ini, apabila nanti anak anda terkena demam ringan anda sudah mengetahuinya dan bagaimana cara mengatasinya tanpa membawanya ke dokter.

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara menurunkan panas secara alami pada anak, ikuti cara berikut :

cara menurunkan panas secara alami pada anak


1. Bawang merah 
Bawang merah sering digunakan sebagai bumbu masakan, selain jadi bumbu masakan bawang merah juga bisa kita jadikan  obat alami pada anak. Caranya, ambil sekitar 1-2 siung bawang dan haluskan menggunakan parutan. Oleskan bawang merah yang sudah di haluskan kepada anak diantaranya 
pada leher, perut, telapak tangan, dan telapak kaki. 

2. Kompres 
Cara menurunkan panas secara alami pada anak yang ke 2 adalah dengan melakukan kompres agar suhu badan anak bisa turun. Kompres kening sang anak dengan handuk basah yang telah di rendam air dingin. Air akan menyerap panas sehingga suhu tubuh anak akan menurun.

3. Biarkan anak beristirahat
Perlu diketahui bahwa demam adalah akibat reaksi tubuh dimana tandanya sistem imun dalam tubuh kita sedang bekerja melawan virus jahat yang masuk pada tubuh kita.
Karena itu biarkjan anak istirahat, karena demam akan sembuh dengan sendirinya.

4. Berikan ASI
Jika anak anda masih berusia 2 tahun kebawah dan masih minum ASI silahkan berikan ASI sebagai obat panas pada bayi. Dengan memberikan ASI setiap 10 menit sekali dalam 2-3 menit maka demam akan perlahan menurun dan membantu menstabilkan kondisi tubuh bayi.

5. Memberikan obat penurun panas
Jika cara alami di atas masih belum ampuh untuk menurun kan panas anak langkah selanjutnya dengtan memberikan obat penurun panas yang biasa diberikan kepada anak, seperti :
- Paracetamol
- Ibuprofen

Pada umumnya anak mengalami demam ringan biasanya tanpa obat pun akan sembuh dengan sendirinya. Anda harus memperhatikan apabila anak demam tetapi masih bisa bermain dan nafsu makan tidak bermasalah maka itu tidak perlu di kasih obat. Tapi apabila ketika demam anak mengalami beberapa hal seperti rewel, nafsu makan menurun, lemas dan silahkan berikan obat demam.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang cara menurunkan panas secara alami pada anak. Semoga cara di atas bermanfaat bagi anda semua Terimakasih.


BY:WarungHerbal11

0 komentar:

Posting Komentar