Jumat, 20 April 2018

Penjelasan Tentang Penyakit Diabetes

Penjelasan Tentang Penyakit Diabetes


penjelasan tentang diabetes.- Diabetes mellitus disebut juga kencing manis dan kini lebih dikenal sebagai diabetes saja, berasal dari bahasa Yunani kuno yang menurut arti adalah to pass through (urine) terus mengalir. Maksudnya adalah air dari dalam tubuh yang terus mengalir keluar alias banyak kencing. Sedangkan mellitus berarti madu atau manis, kata diabetes mellitus dapat diartikan sebagai urine yang manis semanis madu. Pada kenyataannya urine penderita diabetes sering dikerumuni semut, selain itu pemeriksaan di laboratorium menunjukan kadar gula dara yang tinggi melebihi batas normal.

Sebenarnya kadar gula dalam urine tidak bisa dijadikan ukuran untuk kadar gula dalam darah. Jika di dalam urine tidak ditemukan glukosa, bukan berarti kadar gula dalam dara tinggi. Gula dalam dara selalu lebih tinggi dari kadar gula dalam urine, dan pembuangan glukosa lewat ginjal pada masing-masing orang berbeda, sehingga gula dalam urine tidak secara otomatis bisa dijadikan ukuran kadar gula dalam darah.

Diabetes adalah suatu sindrom kekacuan metabolisme tubuh yang merupakan akibat dari kombinasi keturunan dan lingkungan. Hasilnya adalah kondisi tidak normal, kadar gula dara tinggi (hyperglycemia). Kadar gula darah di kontrol interaksi yang kompleks oleh beberapa zat kimia dan hormon-hormon didalam tubuh termasuk hormon insulin yang diproduksi oleh sel-sel beta didalam pangkreas. Dapat dikatakan bahwa diabetes mellitus merupakan kelompok tinggi yang disebabkan tubuh tidak lagi memiliki hormon insulin atau insulin tidak dapat bekerja bagaimana mestinya.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang paling sering di temukan di abad ini. Menurut penelitian WHO pada tahun 2000 diperkirakan 2,1% penduduk dunia menderita diabetes. Sekitar 60% terdapat di Asia sedangkan data di Indonesia diperkirakan 1,2-2.3% jumlah penduduk yang berusia 15 tahun ke atas menderita diabetes. Indonesia kini menempati peringkat ke-4 sebagai negara yang jumlah penderita diabetes terbesar di dunia. Angka tersebut diketahui cenderung meningkat setiap tahun seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi. Beberapa tahun terakhir ini terjadi peningkatan pasien diabetes pada usia di atas 45 tahun. Tercatat dari pasien diabetes yang datang berobat maupun yang tercatat tidak sengaja disebabkan pasien datang bukan karena keluhan diabetes. Diperkirakan akan lebih banyak lagi yang tidak tercatat karena tidak mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit diabetes tersebut. Gejala penyakit diabetes tidak khas, sehingga sering kali terabaikan.

Itulah penjelasan tentang penyakit diabetes, semoga anda dapat memanfaatkan pengertian kami dan memberi wawasan yang lebih luas

Terimakasih telah membaca artikel kami semoga bermanfaat bagi anda.


BY:WarungHerbal11

0 komentar:

Posting Komentar